Tips Belajar TOEFL Otodidak

kampung-inggris-pare.id (Tips Belajar TOEFL Otodidak) – TOEFL adalah tes kemampuan bahasa Inggris yang diadakan oleh Educational Testing Service (ETS). Tes ini biasanya diperlukan oleh universitas di luar negeri, terutama di Amerika Serikat, untuk memastikan bahwa mahasiswa yang akan mendaftar memiliki kemampuan bahasa Inggris yang cukup untuk mengikuti program akademik di universitas tersebut.

Tips Belajar TOEFL Otodidak

Baca juga: Kursus Terbaik TOEFL Kampung Inggris

TOEFL terdiri dari empat bagian utama yaitu listening, reading, writing, dan speaking. Masing-masing bagian tersebut akan mengukur kemampuan seseorang dalam mengerti dan menggunakan bahasa Inggris dalam konteks sehari-hari.

Untuk bagian listening, seseorang akan diminta untuk mengikuti percakapan atau penyampaian materi dalam bahasa Inggris, lalu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan percakapan tersebut. Bagian reading akan menguji kemampuan seseorang dalam memahami teks bahasa Inggris, sedangkan bagian writing akan mengevaluasi kemampuan seseorang dalam menulis teks bahasa Inggris dengan baik dan tepat.

Terakhir, bagian speaking akan mengukur kemampuan seseorang dalam menyampaikan ide atau pendapatnya dengan lisan dalam bahasa Inggris. Seseorang akan diminta untuk menyampaikan materi yang telah diberikan atau membuat percakapan tentang topik yang diberikan.

TOEFL merupakan salah satu tes bahasa Inggris yang paling sering diikuti oleh orang-orang yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri. Nilai TOEFL yang tinggi akan menjadi nilai tambah bagi seseorang yang ingin masuk ke universitas di luar negeri, terutama di negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama. Namun, selain sebagai persyaratan untuk masuk ke universitas, TOEFL juga bisa menjadi alat untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris seseorang secara umum.

Nah, biasanya untuk bisa menguasai keempat bagian tersebut seseorang akan berlatih TOEFL di lembaga kursus TOEFL yang ada di Indonesia khususnya Kampung Inggris Pare. Meskipun ada banyak sekolah dan lembaga yang menawarkan kelas TOEFL, belajar TOEFL secara otodidak juga merupakan pilihan yang layak dipertimbangkan. Kali ini mimin sajikan kepada kamu sekalian tentang tips belajar TOEFL otodidak. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Kursus TOEFL Terbaik Kampung Inggris Pare

Tips Belajar TOEFL Otodidak ala Kampung Inggris Pare

Buat kamu yang sudah tak sabar ingin mendapatkan tips belajar TOEFL otodidak, berikut adalah beberapa tips yang dapat membantumu. Check this out!

1. Memahami Struktur Tes TOEFL

Tes TOEFL terdiri dari empat seksi: Reading, Listening, Speaking, dan Writing. Setiap seksi memiliki skor maksimum yang berbeda, jadi pastikan Anda memahami apa yang diharapkan dari setiap seksi. Selain itu, dengan memahami jenis tes, instruksi, dan batas waktu yang diberikan setidaknya bisa memudahan kamu dalam menyelesaikan tes TOEFL secara maksimal.

2. Belajar dari Sumber-sumber yang Terpercaya

Ada banyak buku, aplikasi, dan situs web yang menyediakan materi belajar TOEFL secara gratis atau berbayar. Pastikan kamu memilih sumber yang terpercaya dan memberikan materi yang sesuai dengan struktur tes TOEFL. Ada banyak aplikasi belajar TOEFL yang tersedia di pasaran, baik yang gratis maupun berbayar. Beberapa aplikasi yang populer diantaranya adalah Magoosh TOEFL, TOEFL iBT Practice, TOEFL Go! dan lain sebagainya.

3. Mendengarkan dan Menggunakan Bahasa Inggris Sebanyak Mungkin

Tes TOEFL meliputi bagian Listening, jadi pastikan kamu terbiasa mendengarkan bahasa Inggris. Kamu dapat mendengarkan podcast, musik, atau acara berita dalam bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan mendengarkanmu.

Selain mendengarkan bahasa Inggris, gunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-harimu untuk meningkatkan kemampuan berbicara dan menulis dalam bahasa tersebut. Kamu dapat memulai dengan menulis catatan harian atau mengobrol dengan teman dalam bahasa Inggris. Untuk meningkatkan kemampuan ini, kamu bisa cek di sini: Daftar Situs Chatting dengan Native Speaker.

4. Membagi Fokus Belajar

Cara selanjutnya adalah kamu harus memahami semua cara untuk meningkatkan kemampuanmu di tiap bagiannya. Seperti yang sudah kita ketahui, tes TOEFL adalah tes yang mengukur kemampuan bahasa Inggrismu. Misalnya jika kamu ingin menguasai materi vocabulary dan grammar, cara tepat untuk menambah kosakata adalah dengan menuliskan kata-kata dalam bahasa Inggris dan kemudian menuangkannya ke dalam kalimat. Cara tersebut akan mampu menambah perbendaharaan kata dan tentu kamu bisa menguasainya dalam kalimat.

Baca juga: Buku TOEFL dan Review Singkatnya

5. Berlatih Membuat Catatan Ringkas

Cara ini sangat kamu butuhkan ketika kamu mulai menyelesaikan bagian Listening dan Reading. Karena poin penting pada kedua bagian tes tersebut adalah dengan mencari dan menemuan kata kunci pada suatu bacaan ataupun narasi. Untuk membuat catatan singkat ini tentunya kamu tidak perlu menulis kalimat catatan tersebut secara utuh. Temukanlah ide utama pada setiap narasi atau tulisan. Selain itu, tentukan juga setiap bagian teks seperti waktu terjadinya suatu kejadian, kata kerja, kata benda, dll.

6. Latihan adalah Kunci

Meskipun kamu mungkin sudah memahami materi TOEFL, latihan adalah kunci untuk meningkatkan kemampuan dan menghadapi tes dengan lebih percaya diri. Carilah latihan soal TOEFL yang tersedia secara online atau dalam bentuk buku, dan mulailah berlatih mengerjakannya. Cara ini adalah cara yang harus sering kamu lakukan. Dengan sering berlatih maka semakin tinggi skor yang akan kamu dapatkan. Selain itu juga, kamu harus mempersiapkan semua material sebelum mengikuti tes TOEFL yang asli, baik itu waktu, uang, dan tenaga. Tidak masalah jika kamu menunda dahulu keinginan untuk mengikuti tesnya apabila kamu merasa bahwa kamu belum siap. Selanjutnya janganlah cepat puas dengan pencapain dirimu sendiri. Susunlah rencana belajarmu sendiri dan ikuti setiap tahapan dalam rencana kamu tersebut.

7. Menjaga Keseimbangan Mental dan Emosi

Selanjutnya, kamu juga wajib menjaga keseimbangan mental ataupun emosimu. Belajar apapun itu jika sudah terlalu sering dan berkesinambungan tentunya akan menyebabkan sebuah kondisi di mana kita jenuh dan stres. Oleh karena itu, kuasailah dirimu sebelum kamu sampai pada titik di mana kamu merasa bahwa semua proses belajarmu menjadi semakin berat. Selain itu, pahami juga bahwa kamu tidak akan selalu berhasil pada percobaan pertama tes TOEFLmu. Mengelola stres dan kegagalan menjadi sebuah motivasi baik adalah poin penting yang akan terus mendukung keinginanmu dalam mendapat skor yang tinggi pada tes TOEFL.

Nah itulah tadi ulasan tentang tips belajar TOEFL otodidak ala Kampung Inggris Pare. Pahami dan ikuti setiap poin di atas, dengan begitu kamu akan dengan mudah untuk bisa meningkatkan kemampuanmu dan tentunya mendapatkan skor tinggi pada tes TOEFL. Sebagai penutup, untuk meningkatkan kemampuan TOEFLmu tidak ada salahnya jika kamu mengikuti kursus bahasa Inggris. Untuk info kursus bahasa Inggris yang tepat buat kamu, klik tombol di bawah ini!

Yuk Kursus Bahasa Inggris