Menghitung Skor IELTS

kampung-inggris-pare.id (Menghitung Skor IELTS) – Hallo guys! Masih bersama mimin di sini yang akan mengupas tuntas semua hal tentang bahasa Inggris. Kali ini mimin akan menyajikan informasi menarik tentang tes kemampuan bahasa Inggris, yaitu IELTS. IELTS atau International English Language Testing System adalah salah satu ujian bahasa Inggris yang paling banyak diakui di seluruh dunia. Ujian ini biasanya digunakan sebagai syarat untuk masuk ke universitas atau bekerja di negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama.

Kali ini mimin akan memberikan info tambahan bagi kamu yang mungkin belum tahu tentang bagaimana cara menghitung skor IELTS yang benar. Bagi kamu yang sudah mengetahui rentetan ujian atau tes IELTS, tentunya kamu sudah tahu juga kalau dalam ujian atau tes IELTS terdiri atas beberapa sesi, yaitu Listening, Reading, Writing, dan Speaking. Nah dari penjumlahan keempat sesi tersebut maka nilai atau skor IELTS kamu bisa ditentukan. Tapi tidak serta merta langsung dijumlahkan loh! Mulai penasaran kan bagaimana cara menghitung skor IELTS yang benar? Yuk simak penjelasannya sampai habis ya!

Sekilas tentang IELTS

Mengenal Format tes IELTS

Sebelum kita masuk pada pembahasan inti, ada baiknya kamu kenali dulu format tes diujikan dalam tes IELTS. Dalam IELTS, tes akan dimulai dengan tes Listening, Reading, Writing dan kemudian dilanjutkan dengan tes Speaking. Selain itu terdapat juga dua jenis tes dalam IELTS, yaitu General Training Test dan Academic Test. Format tes dan tingkat kesulitan diantaranya keduanya tetap sama. Nah untuk penjelasan lebih lengkap dari keempat materi yang diujikan tersebut, simak ulasannya di bawah ini.

IELTS Listening Test

Tes ini berisi tes mendengarkan 4 rekaman suara dan menjawab pertanyaan yang muncul dalam rekaman tersebut. Rekaman tersebut tentunya rekaman dari native speaker dengan durasi 30 menit.

Rekaman 1 : Memperdengarkan dialog dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Rekaman 2 : Menperdengarkan monolog tentang kehidupan sehari-hari atau dalam konteks sosial.

Rekaman 3 : Menperdengarkan percakapan antara lebih dari dua orang yang ditempatkan dalam konteks pelatihan atau pendidikan.

Rekaman 4 : Memperdengarkan monolog mengenai subjek akademik.

IELTS Reading Test

Tes reading ini terdiri atas 40 soal dengan durasi 60 menit. Tes ini berisi tentang tes kemampuan atau keterampilanmu dalam membaca teks dalam bahasa Inggris. Selain itu, kamu juga akan dituntut untuk mencari pesan tersirat, ide utama, membaca cepat serta mengetahui pendapat, sikap, dan maksud sebuah teks.

IELTS Writing Test

Tes writing terdiri atas dua instruksi soal yang harus kamu kerjakan. Dari kedua instruksi tersebut pun dibedakan lagi berdasarkan jenis tes IELTSnya.

Writing Test IELTS Academic

  • Intruksi 1: Akan ada tabel, bagan, grafik atau diagram yang harus dideskripsikan, dijelaskan atau diringkas dengan kata-katamu sendiri. Kamu juga mungkin diminta untuk menjelaskan data yang ditampilkan, dan tahapan dan kerja dari suatu proses.
  • Instruksi 2: Kamu harus menulis esai sebagai tanggapan atas argumen, masalah, atau pendapat.

Writing Test IELTS General Training

  • Instruksi 1: Kamu diinstruksikan menulis surat untuk meminta informasi, atau menjelaskan situasi yang diberikan. Kamu dapat memilih untuk menulisnya secara informal atau formal.
  • Instruksi 2: Kamu harus menulis esai untuk menanggapi argumen, masalah, atau pendapat. Kamu dapat memilih untuk menulisnya dalam gaya informal.

IELTS Speaking Test

Tes IELTS Speaking akan menilai kemampuanmu bicara dalam bahasa Inggris secara lisan.

  • Bagian 1: Kamu akan ditanyai secara personal tentang dirimu pribadi dan topik umum seperti keluarga, rumah, pekerjaan, minat dan studi. Durasi waktunya sekitar 4-5 menit.
  • Bagian 2: Kamu akan diberi kartu yang berisi sebuah topik tertentu. Kamu harus berbicara tentang topik tersebut selama sekitar dua menit dengan waktu persiapan sebelumnya sebanyak satu menit sebelum kamu mulai berbicara.
  • Bagian 3: Penguji juga akan mengajukan beberapa pertanyaan terkait pada topik yang diberikan di Bagian 2. Ini akan menjadi peluang emsasmu untuk berdiskusi mengenai hal-hal atau ide yang abstrak.

Menghitung Skor IELTS yang Benar dengan Tabel Konversi

Untuk menghitung skor IELTS, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Simak baik-baik hal di bawah ini ya

Pertama, skor IELTS terdiri dari 4 sesi yang masing-masing memiliki bobot yang berbeda. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, sesi tersebut adalah listening, reading, writing, dan speaking. Masing-masing sesi akan memberikan skor antara 0 hingga 9, dengan skor 9 menunjukkan bahwa kamu telah mencapai tingkat bahasa Inggris yang sangat baik.

Kedua, untuk menghitung skor IELTS yang benar, kamu perlu menggunakan tabel konversi yang disediakan oleh pihak yang menyelenggarakan ujian. Tabel konversi ini menunjukkan berapa banyak poin yang harus kamu peroleh untuk setiap sesi ujian. Misalnya, jika kamu mendapat skor 8 untuk sesi listening, kamu akan memperoleh 8 poin.

Ketiga, setelah kamu menghitung poin untuk setiap sesi, kamu perlu menambahkan semua poin tersebut untuk mengetahui skor total kamu. Misalnya, jika kamu mendapat 8 poin untuk listening, 7 poin untuk reading, 6 poin untuk writing, dan 8 poin untuk speaking, maka skor total kamu adalah 29 poin.

Keempat, untuk mengetahui tingkat kemampuan bahasa Inggrismu, kamu perlu mencocokkan skor totalmu dengan kategori yang tercantum dalam tabel konversi. Misalnya, jika skor total Kamu adalah 29 poin, maka kamu dapat dikategorikan sebagai “Very Good User” atau pengguna bahasa Inggris yang sangat baik.

Tabel Konversi Skor IELTS

Tabel konversi skor IELTS ini bisa kamu gunakan sebagai referensi untuk menghitung skor hasil latihan soal-soal IELTS yang kamu lakukan sebagai pembiasaan sebelum mengikuti tes IELTS yang asli. Berikut tabelnya:

Tabel Konversi Skor Listening (Academic & General Training)

Tabel Konversi Skor Reading (Academic)

Tabel Konversi Skor Reading (General Training)

Menghitung Skor IELTS

Tabel Konversi Skor Speaking

Menghitung Skor IELTS

Tabel Konversi Skor Writing

Menghitung Skor IELTS

Cara Menghitung Skor Band IELTS

Tabel konversi skor IELTS di atas tentunya akan membantumu untuk bisa menghitung skor IELTS dengan tepat. Berikut contohnya:

“Nilai di belakang koma harus dibulatkan. Jika di bawah “.25” maka dibulatkan menjadi “0”. Jika di atas “.25” dan di bawah “.75”, maka dibulatkan menjadi “.50”. Jika di atas “.75”, maka dibulatkan menjadi “1”.

Penjelasan Skor Band IELTS

Seperti yang sudah kita ketahui, score band IELTS akan diberikan dengan skala angka dari 1-9. Score band tersebut memiliki penjelasan masing-masing, yaitu sebagai berikut:

  • Skor Band: 1 (Non-User)
    Pada dasarnya tidak memiliki kemampuan untuk menggunakan bahasa di luar kemungkinan beberapa kata yang terisolasi.
  • Skor Band: 2 (Intermittent User)
    Tidak ada komunikasi nyata yang mungkin terjadi kecuali untuk informasi yang paling dasar menggunakann kata-kata yang terisolasi atau rumus-rumus singkat dalam situasi yang sudah dikenal dan untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak. Memiliki kesulitan besar dalam memahami bahasa Inggris lisan dan tulisan.
  • Skor Band: 3 (Extremly Limited User)
    Menyampaikan dan memahami hanya makna umum dalam situasi yang sangat akrab. Sering terjadi gangguan dalam komunikasi.
  • Skor Band: 4 (Limited User)
    Kompetensi dasar terbatas pada situasi yang sudah dikenal. Sering mengalami masalah dalam pemahaman dan ekspresi. Tidak dapat menggunakan bahasa yang rumit.
  • Skor Band: 5 (Modest User)
    Mampu melakukan sebagian perintah bahasa Inggris, mengatasi makna keseluruhan dalam kebanyakan situasi, meskipun cenderung membuat banyak kesalahan. Harus mampu menangani komunikasi dasar di bidangnya sendiri.
  • Skor Band: 6 (Competent User)
    Umumnya mampu melakukan perintah bahasa Inggris yang efektif meskipun ada beberapa ketidakakuratan, ketidaktepatan dan kesalahpahaman. Dapat menggunakan dan memahami bahasa yang cukup kompleks terutama dalam situasi yang akrab.
  • Skor Band: 7 (Good User)
    Mampu melakukan perintah operasional dalam bahasa Inggris meskipun dengan ketidakakuratan sesekali, ketidaktepatan dan kesalahpahaman dalam beberapa situasi. Umumnya menangani bahasa yang komplek dengan baik.
  • Skor Band: 8 (Very Good User)
    Mampu melakukan perintah operasional dalam bahasa Inggris dengan hanya ketidakakuratan dan ketidaktepatan yang tidak sistematis sesekali saja.  Kesalahpahaman dapat terjadi dalam situasi yang tidak biasa. Menangani argumentasi detail yang kompleks dengan baik.
  • Skor Band: 9 (Expert User)
    Mampu melakukan perintah operasional dalam bahasa Inggris dengan tepat, akurat dan lancar dengan pemahaman yang lengkap.

Oke guys, itulah tadi ulasan dan informasi menarik seputar IELTS yang bisa kamu dapatkan hanya di sini. Semoga bermanfaat ya!

Selanjutnya buat kamu yang mungkin masih bingung ingin mengasah kemampuan bahasa Inggrismu, sebagai penutup mimin juga punya bonus nih. Klik di bawah ini yaa. Sampai jumpa di ulasan-ulasan bahasa Inggris lainnya. See you when I see you.

Yuk Kursus Bahasa Inggris Online!