narrative text

kampung-inggris-pare.id (Narrative text. Penjelasan, fungsi, struktur, dan contohnya) – kita tahu bahwa terdapat enis-jenis teks dalam bahasa Inggris maupu bahasa Indonesia. Setiap jenis teks memiliki fungsi dan struktur yang berbeda-beda. Dari beberapa jenis teks tersebut salah satunya adalah narrative text. Apa itu narrative text? Jika kamu belum mengenalnya, maka artikel ini akan membahas mengenai narrative text dalam bahasa Inggris. Simak artikelnya sampai habis ya!

Narrative Text

Narrative text merupakan teks atau tulisan yang menceritakan tentang suatu peristiwa secara kronologis dan terhubung. Narrative teks dalam bahasa Indonesia disebut sebagai teks narasi. Narrative teks biasanya bersifat fiksi imajinatif atau cerita nyata yang dimodifikasi oleh penulisnya sendiri

Lalu, bagaimana dengan novel fiksi, apakah bisa disebut dengan narrative text? Ya, sebuah cerita dalam novel bahasa Inggris yang sifatnya fiktif dapat digolongan dalam teks tersebut.

Tujuan Narrative Text

Apa tujuan dibuatnya narrative text? teks ini dibuat untuk tujuan hiburan pagi pembacanya. Dengan begitu narrative text cocok dibaca oleh remaja dan orang dewasa. Akan tetapi juga terdapat narrative text yang cocok dibaca oleh usia anak-anak.

Structure of Narrative Text

Pada narrative text terdapat empat struktur yang perlu kita pahami dan perhatikan ketika kita ingin membuat sebuah teks narrative text dalam bahasa Inggris, yaitu :

Orientation

Pertama adalah orientation atau pengenalan. Orietation ini terdapat pada awal paragraf pada narrative text. Orientation atau pengenalan ini berisi pengenalan tokoh, karakter, beserta latar yang akan terlibat dalam cerita. Latar bisa menjadi sebuah kejadian, tempat, atau waktu dalam sebuah cerita.

Complication

Pada bagian ini dalam paragrafnya akan mulai masuk pada sebuah cerita yang hendak diceritakan. Akan dimunculkan awal mula sebuah masalah atau suatu kejadian yang diceritakan. Narative text bersifat kronologis, jadi sebuah cerita akan dibentuk menjadi suatu alur yang panjang, dimana di dalamnya akan mengandung konflik, klimaks, dan antiklimaks.

Susunan complication untuk memudahkan kalian membuat teks narasi (narrative text), apa saja? Berikut dibawah ini :

  • Problem, merupakan bagian cerita yang bercerita mengenai awal terjadinya peristiwa pada sebuah cerita.
  • Conflict, conflict merupakan bagian dari cerita yang menceritakan pertentangan para tokoh. Conflict ini merupakan lanjutan dari problem yang dibangun menjadi semakin besar dan seru bagi pembaca. Bagian ini merupakan bagian seru yang biasa membuat pembaca penasaran.
  • Climax, merupakan puncak dari conflict yang terjadi dalam sebuah cerita, pada bagian inilah yang biasanya menjadi nilai utama dari sebuah cerita
  • Anti-climax, adalah bagian dimana konflict mulai mereda. Dalam bagian ini konflik yang dibanun hingga menjadi sebuah klimaks akan perlahan mereda.
  • Solution, seperti namanya yaitu berarti solusi. Bagian ini akan menjelaskan mengenai bagaimana suatu konflik yang sudah terbangun akan dibuatkan solusi untuk meredakan konflik.

Dibagian ini, complication dibagi menjadi 3 konflik, yaitu:

  • Social conflict yaitu, konflik antar pelaku atau tokoh.
  • Psychological conflict yaitu, yang terjadi pada diri sendiri, dan
  • Natural conflict yaitu, konflik yang berhubungan dengan semesta atau alam.

Resolution

Bagian resolution merupakan bagian akhir dari sebuah cerita. Bagian ini merupakan lanjutan dari solusi yang dibuat dalam sebuah cerita. Selain itu pada bagian ini penulis bisa menentuka sebuah cerita ingin diberikan akhir yang seperti apa.

Re-orientation

Re-orientation menceritakan kondisi akhir tokoh seteleh kpenyelesaian konflik. Pada bagian ini juga pembaca bisa memetik makna atau nilai-nilai moral yang disampaikan dalam cerita.

Jenis-jenis Narrative Text

Fairytale

Fairytale merupakan dongeng ataucerita fiksi dari imajinasi penulis. Umumnya fairytale diperuntukkan bagi anak-anak karena kisahnya yang bernuansa keajaiban. Contoh dari cerita dongeng adalah Cinderella, Thumbelina, dsb.

Folktale

Folktale merupakan sebuah cerita yang diceritakan dari mulut ke mulut dan diturunkan dari generasi ke generasi hingga menjadi serbuah cerita rakyat yang dipercaya. Contoh dari folktale yang terkenal di masyarakat Indonesia adalah Malin Kundang.

Legend

Legend atau bisa disebut legenda merupakan sebuah cerita yang dianggap kisah nyata oleh sebagian besar masyarakat, hal ini karena ada sisi heroik dari tokoh yang diceritakan. Selain itu legend biasa dipercaya karena sering menceritakan asal-usul suatu tempat yang ada di daerah tertentu.

Myth

Myth yaitu cerita mitos merupakan jenis narrative text yang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan folktale. Perbedaannya, cerita myth sendiri terkadang dapat kita temukan di kehidupan nyata, makanya masyarakat sekitar biasanya menganggap cerita satu ini bisa saja benar-benar terjadi, contoh dari cerita ini adalah Sang Aji Saka.

Sci-Fi

Sci-Fi atau Science Fiction merupakan cerita fiksi ilmiah. Cerita pada dasarnya adalah fiksi, akan tetapi jalan pada ceritanya menggunakan teori sains dan teknologi. Cerita fiksi ilmiah biasanya menceritakan tentang robot, dunia pada masa depan, atau luar angkasa.

Romance

Romance adalah cerita kisah cinta atau love story yang menceritakan percintaan sepasang kekasih seperti cerita tentang Romeo dan Juliet.

Horror Stories

Narrative text ini meceritakan tentang kisah-kisah horror atau seram seperti hantu dan makhluk-makhluk astral lainnya, seperti Mumun, Makmum 2, Bangkit dari Kubur, dll.

Fable

Fabel merupakan cerita dimana tokoh yang diceritakan adalah hewan. Biasanya cerita fabel lebih disukai oleh anak-anak karena menggambaran kehidupan binatang misalnya seperti The Lion King

History

History merupakan teks yang menceritakan tentang sejarah atau peristiwa yang terjadi di masa lalu dengan kronologis tempat, tokoh, dan waktu kejadian yang jelas. History diambil dari kejadian nyata tentang sejarah.

Slice of Life

Slice of Life yang berarti potongan kehidupan, merupakan cerita yang berisi tentang kehidupan atau kegiatan sehari-hari tokoh imajinatif yang di karang oleh sang penulis.

Personal Experience

Yang terakhir adalah personal experience, yaitu bercerita tentang kisah pengalaman yang dialami oleh dirinya sendiri atau sang penulisnya.

Contoh Narrative Text Bahasa Inggris

Fox and A Cat

One day a cat and a fox were having a conversation. The fox, who was a conceited creature, boasted how clever she was. “Why, I know at least a hundred trick to get away from our mutual enemies, the dog’s,” she said

“ I know only one trick to get away from dog’s,” said the cat. “You should teach me some of yours!” ‘Well, maybe some day, when I have the time, I may teach you a few of the simpler ones,’ replied the fox airily.

Just then they heard the barking of a pack of dogs in the distance. The barking grew louder and louder – the dogs were coming in their direction! At once the cat ran to the nearest tree and climbed into its branches, well out of reach of any dog. ‘This is the trick I told you about, the only one I know,’ said the cat. ‘Which one of your hundred tricks are you going to use?’

The fox sat silently under the tree, wondering which trick she should use. Before she could make up her mind, the dogs arrived. They fell upon the fox and tore her to pieces.

The morality : A single plan that works is better than a hundred doubtful plans.

Itulah tadi penjelasan mengenai narrative text bahasa Inggris. Untuk mampu membaca dan memahami narrative text dalam bahasa Inggris, tentunya kita operlu memiliki keterampilan bahasa Inggris yang baik. keterampilan ini dapat kita latih dengan belajar mandiri atau mengkuti kursus bahasa Inggris.