Tips Lancar Public Speaking

kampung-inggris-pare.id (Tips dan Trik Lancar Public Speaking Dengan Bahasa Inggris) – hai english learner. Kamu akan menghadapi saat dimana kamu harus berbicara di depan umum? Jika ini kali pertama, atau kamu masih belum percaya diri, pastinya kamu akan merasa gugup, tidak siap, bahkan takut. Tak apa, setiap orang yang baru menghadapi situasi tersebut pasti juga merasakan hal yang sama.

Akan tetapi apa yang membuat sebagian orang bisa memiliki kemampuan public speaking yang baik? itu karena mereka sudah terbiasa melakukannya. Dan sebelum mereka terbiasa, mereka pasti pernah di situasi melakukan public speaking untuk yang pertama kali. Maka jika kamu memiliki kesempatan, ambillah. Kamu tak perlu khawatir, beberapa tips dan trik di bawah ini akan membantumu.

Tips dan trik Lancar Public Speaking Dengan Bahasa Inggris

Berlatih Terlebih Dahulu

Tentunya pertama-tama kamu perlu mempersiapkan dirimu sebelum public speaking. Pastinya kamu harus mempersiapkan diri dengan cara berlatih. Berlatih di sini adalah mempersiapkan dirimu untuk lebih percaya diri.

Kepercayaan diri akan memberikan keyakinan bahwa diri kamu mampu melakukan hal tersebut. Pastinya keyakinan ini tidak secara ajaib muncul ya, kamu bisa melakukan practice public speaking di depan cermin, merekamnya atau meminta bantuan teman kamu untuk menyimak public speaking kamu.

Kamu bisa melakukannya dengan mencari teks-teks pendek untuk kamu jadikan latihan. Atau kamu langsung saja menggunakan teks yang akan kamu gunakan untuk public speaking yang sebenarnya. Dengan itu kamu juga akan lebih siap lagi.

Baca Teks Dengan Keras

Public speaking apakah harus membaca teks? Tentu untuk public speaking yang baik, jawabannya tidak. Namun membaca teks dengan keras di sini tujuannya adalah melatih pronunciation kamu. Jika kita membayangkan menyebutkan sebuah vocab, pasti kita bias membayangkannya dengan pronunciation yang benar. Namun berbeda jika kamu benar-benar menyebutkannya, biasanya kita akan menemui pelafalan kita salah.

Maka dari itu kamu bisa melatih pronunciation kamu dalam public speaking dengan cara membaca teks dengan keras. Lakukan secara bertahap diawali dengan membaca keras dengan tempo yang pelan, agar pronunciation kamu lebih tepat. Jika kamu sudah bisa membaca dengan pronunciation yang benar, mulailah untuk menaikan tempo membacamu. Dengan ini kamu bisa melatih lidah kamu untuk lebih luwes dalam hal speaking atau membaca keras.

Mengingat Teks Secara Visual, Bukan Tekstual

Sebenarnya public speaking adalah kemampuan kita dalam berbicara seuatu konteks tertentu, bukan soal kemampuan mengingat sebuah teks. Kunci dari public speaking yan lancar adalah kita sudah memahami gambaran dari apa yang akan kita bicarakan di depan umum. Kamu bisa menggunakan teknik mengingat secara visual.

Mengingat secara visual adalah membayangkan hal-hal yang akan kamu bicarakan nantinya, kebalikan dari mengingat secara tekstual dimana kamu harus mengingat kata per kata. Cara ini kurang efektif dilakukan karena membutuhkan waktu yang lebih lama, juga lebih berisiko untuk lupa, karena terdistract atau bergantung dengan kemampuan kita dalam mengingat.

Dengan membayangkan apa yang kamu bicarakan dengan cara memvisualisasikannya, kamu akan semakin cepat dalam mengingat sesuatu. Karena sebagian besar orang lebih mudah untuk mengingat sesuatu secara visual.

Buatlah Poin-Poin Bahasan

Ini masih berhubungan dengan poin sebelumnya. Agar visualisasi pembahasanmu sebagai bahan public speaking dapat kamu ingat dan sampaikan. Kamu bisa menulisnya dalam bentuk poin-poin pembahasan penting. Public speaking seperti pidato bukan berarti kamu tidak boleh membawa teks sama sekali. Kamu masih bisa membawa teks sebagai bahan pengingat saja, bukan untuk dibaca.

Nah itu tadi adalah persiapan-persiapan yang bisa kamu lakukan sebelum public speaking. Tapi tidak sampai disitu saja, untuk mengendalikan suasana audiens saat publik speaking, juga ada beberapa trik yang bisa kamu praktekkan. Trik berikut ini adalah trik untuk membuat suasana audiens dalam public speaking yang ideal.

Trik Mengendalikan Suasana Saat Public Speaking

Perhatikan Intonasi Suara

Suara adalah senjata utama kamu dalam mengendalikan suasana atau perhatian audiens saat public speaking. Jangan sampai intonasi suara kamu terkesan datar, ini akan membuat audiens merasa bosan dan tidak tertarik dengan apa yang kamu bicarakan.

Buatlah intonasi yang baik saat berbicara, seperti memberikan jeda sejenak atau membuat suara yang sesekali lebih tinggi dan sesekali lebih rendah. Ini akan menjadikan public speakingmu lebih hidup dan tidak terkesan membosankan.

Selain itu kamu juga bisa membuat suara yang lebih keras untuk lebih menaikan semangat para audiens. Coba dengarkan pidato dari Bung Karno, beliau memiliki kemampuan dalam membuat intonasi, nada suara, serta intonasi yang baik dalam berpidato.

Buat kontak mata

Public speaking adalah berbicara, dan tentunya kamu tidak berbicara sendiri. Ada audiens sebagai target atau lawan bicaramu. Meskipun audiens juga tidak secara langsung menanggapi apa yang kamu bicarakan, karena komunikasi searah. Tapi kamu juga harus tetap menganggap mereka ada.

Ini bisa kamu lakukan dengan membuat kontak mata yang pasti. Sesekali kamu perlu mengarahkan pandangan kamu ke audiens mulai dari depan belakang, kiri dan kanan. Dengan begitu audiens akan merasa bahwa kamu seolah-olah mengajak mereka berbicara. Selain itu dengan memandang mata audiens, sosokmu akan seolah-olah menjadi lebih kuat ketika melakukan public speaking.

Sisipkan Humor

Untuk yang ini sedikit sulit, karena kamu harus memiliki sense of humor. Akan tetapi setiap orang pasti memilikinya. Kamu bisa menyisipkan humor di sela-sela materi yang kamu sampaikan untuk membuat audiens tidak bosan dan terkesan lebih santai. Kamu bisa menyisipkan cerita-cerita lucu yang kamu alami atau kamu bisa siapkan materi khusus untuk itu. Jika kamu pandai membuat audiens senang dengan humor, hal itu akan menjadi value tersendiri bagi kamu.

Berceritalah Sedikit

Kamu bisa bercerita mengenai kehidupanmu yang menarik sebelum masuk ke pembahasan pokok. Sebelum memulai masuk ke materi pembahasan, kamu bisa bercerita seperti “Saat perjalanan ke tempat ini, saya menemui kejadian yang menarik…” apalagi jika kejadian tersebut berhubungan dengan materi yang kamu sampaikan. Ini bisa menjadi suatu awalan pembahasan sebelum kamu masuk ke materi, agar tidak terkesan kaku.

Mainkan Gesture

Memainkan gesture juga penting dalam public speaking. Selain membantumu dalam menyampaikan sesuatu. Gestur juga akan membantu mengarahkan perhatian audiens. Mata dan otak kita cenderung akan lebih memilih objek yang bergerak daripada yang diam, maka dengan memainkan gestur dan tidak hanya duduk atau berdiri diam, audiens akan semakin memperhatikan kita.

Itulah beberapa tips dan trik publik speaking dalam bahasa Inggris yang bisa kamu coba, untuk semakin mempersiapkan public speaking kamu. Kita memang perlu melatih hal tersebut karena public speaking merupakan nilai plus yang akan berguna bagi kita di masa yang akan datang. Kemampuan ini pun merupakan kemampuan wajib yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin bahkan calon pemimpin.

Bagi kamu yang ingin belajar bahasa Inggris atau melatih speaking Bahasa Inggris. Kamu bisa mengikuti kursus bahasa Inggris di Titik Nol English Course. Titik Nol English Course merupakan lembaga kursus Bahasa Inggris dan persiapan TOEFL IELTS terbaik yang berada di Kampung Inggris Pare. Ada ratusan alumni Titik Nol English Course yang berhsil diterima beasiswa kuliah luar negeri karena berhasil meraih skor TOEFL IELTS yang tinggi.

Titik Nol English Course juga menyediakan program grammar dan speaking untuk belajar bahasa Inggris dasar. Kamu akan diberikan placement test terlebih dahulu untuk melihat kemampuan bahasa Inggris kamu. Hasil dari placement test ini akan menjadi rekomendasi kamu masuk dalam kelas sesuai levelmu. Kamu bisa mengikuti program ini secara offline di Kampung Inggris Pare, atau mengiutinya secara online. Untuk info lebih lanjut, kamu bisa chat admin Titik Nol English Course di bawah ini.

Chat Admin