defining clause dalam bahasa inggris

kampung-inggris-pare.id (Defining Clause dan Non Defining Clause dalam Bahasa Inggris) – Hai, berbicara tentang belajar bahasa Inggris sebenarnya sangat luas, ada berbagai jenis kata serta kalimat yang perlu kita ketahui saat mempelajari suatu bahasa. Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa yang perlu kita pelajari karena nilainya yang penting. Dan salah satu materi bahasa Inggris yang perlu kamu tahu adalah defining clause. klausa ini merupakan bagian penting dari sebuah kata yang membawa suatu informasi penting. Apa sih defining clause. baca artikel ini sampai habis untuk informasi selengkapnya!

Defining clause dalam Bahasa Inggris

Defining clause atau juga bisa disebut dengan essentian clause adalah kalimat yang mengandung sebuah informasi penting. Dalam kalimat defining clause terdapat sebuah klausa yang apabila dihilangkan maka kalimat tersebut akan menjadi sulit dipahami karena informasi penting yang terdapat pad kalimat tersebut hilang. Sehingga kalimat menjadi tidak utuh dan menimbulkan pertanyaan baru.

Jadi defining clause adalah relative clause yang membawa suatu informasi penting yang tidak dapat dihilangkan dari sebuah kalimat. Kalimat ini juga tidak menggunakan tanda koma yang menghubungkan klausa dengan klausa utama (main clause). untuk lebih jelasnya bisa simak contoh di bawah ini:

 

Contoh:

I like the hat that he wear (Saya suka topi yang dia pakai)

Contoh di atas merupakan defining clause karena kalimatnya utuh. Apabila kita mencoba merubah kalimatnya menjadi “I like the hat”, kalimat ini masih dapat dibaca, namun karena kalimat ini kehilangan informasi penting di dalamnya maka akan menimbulkan pertanyaan misalnya seperti “wich hat”. Maka agar kalimat dapat dipahami perlu diberikan informasi yang spesifik seperti “that he wear”, sehingga kalimatnya menjadi utuh “I like the hat that he wear”

Contoh Defining clause

Everything that you say seems silly to me.

The woman that spoke at the meeting was very knowledgeable

You met a woman who was  angry to everybody.

You’ll show you the book that she gave to me.

You like the paintings that hang in the SASB North lobby

Apa Itu Relative pronoun Dalam Defining clause?

Apa itu relative pronoun? Relative pronoun adalah kata ganti yang menghubungkan dua kalimat yang memiliki satu subjek dan objek. Kata ganti ini meliputi who, wich, that dll. Kata ganti ini berfungsi sebagai subject, direct objek, atau possesive. Kata ganti ini hanya digunakan untuk mewakili objek makhuk hidup atau benda, tidak bisa mewakili angka (tunggal atau jamak) ataupun gender.

who, which, that

who, which, that digunakan sebagai kata ganti subejk. “Who” sebagai kata ganti orang, “which” sebagai kata ganti benda, sedangkan “that” sebagai kata ganti keduanya (orang dan benda).

Contoh kalimat:

He is the man who inspires me (dia adalah orang yang menginspirasi saya)

The shoes which i bought yesterday is gone (sepatu yang saya beli kemarin hilang)

The motocycle that i wash yesterday it’s dirty again (mobil yang saya cuci kemarin kotor lagi)

Whose

“whose” adalah Relative pronoun yang digunakan untuk menunjukkan kepemilikan

Contoh Kalimat:

He is helping a woman whose wallet was stolen yesterday (dia membantu wanita yang dompetnya dicuri kemarin)

that, which, who, whom, where, why . when

Relative pronoun digunakan untuk merujuk pada objek. “who, whom, that” dipakai buat istilah ganti orang, “which, that” digunakan untuk kata ganti benda. Sedangkan “why” digunakan untuk kata alasan, “where” digunakan untuk kata ganti tempat, dan “when” digunakan untuk kata ganti waktu.

Contoh Kalimat:

The cat which i bought yesterday is so cute (kucing yang saya beli kemarin sangat lucu)

He is the guy whom my sister has crush on (dia adalah pria yang kakak perempuanku taksir)

last week i went to Borobudur temple where the Buddhists worship (minggu lalu saya pergi ke candi Borobudur tempat beribadah orang)

I will take the video when you ready (saya akan mengambil video ketika kamu siap)

Non Defining clause

Selain defining clause ada juga klausa yang perlu kamu tahu, yaitu non defining clause. Apa itu non defining clause? non defining clause digunakan untuk menambahkan informasi yang dapat memperjelas sebuah kalimat, bedanya dengan defining clause adalah sifatnya yang leboh opsinal. Jadi tampa diberikan tambahan pun suatu kalimat sudah dapat dipahami maknanya, dan non defining clause berfungsi sebagai tambahan penejasan. Jika defining clause tidak menggunakan tanda koma, maka pada non defining clause sebuah kalimat harus disertai tanda koma. Berikut adalah contohnya:

I plan to have a cat, which I find quite cute

I’m driving across the country with three small children, which is going to be stressful

My sister, who is an excellent cook, is thinking of opening a restaurant

Itulah penjelasan mengenai defining clause dan non defining clause dalam bahasa Inggris. Ada banyak yang perlu kita pelajari dalam bahasa Inggris selain materi di atas. Dan belajar bahasa Inggris sekarang dapat kita lakukan dengan mudah dan murah, seperti mengikuti info mengenai pembelajaran bahasa Inggris di kampung-inggris-pare.id.

Untuk kamu yang ingin belajar bahasa Inggris, kamu bisa mengikuti kursus di Kampung Inggris BE. Kampung Inggris BE merupakan salah satu lembaga kursus bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare. Lembaga ini terkenal dengan pembelajarannya yang seru untuk kamu yang ingin percaya diri berbicara bahasa Inggris.

Kamu akan diberikan tes untuk mengetahui level bahasa Inggrismu, sehingga kamu bisa mengikuti kelas sesuai levelmu untuk meningkatkan skill bahasa Inggris dengan lebih optimal. Pembelajarannya pun akan disesuaikan, jadi tak perlu khawatir apabila kamu belum bisa bahasa Inggris sama sekali. Karena di Kampung Inggris BE, kamu akan belajar bahasa Inggris dengan seru dan menyenangkan agar lebih pede berbicara bahasa Inggris.

Klik button di bawah ini untuk info selengkpanya:

Kampung Inggris BE